You are reading..
Koreana

Mudahnya Membayar Pajak Kendaraan di Korea

Korea Selatan telah menjadi negara panutan untuk penerapan e-government di dunia. Segala sesuatu yang berkaitan dengan birokrasi dibuat menjadi lebih mudah dan cepat dibantu dengan proses yang dibuat secara online. Koneksi internet yang cepat turut mendukung program pemerintah ini. Dengan sistem online, praktik korupsi yang menjadi musuh utama rakyat tentu saja bisa diminimalisir. Salah satu contoh program pemerintah Korea yang telah lama dibuat online adalah sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor di Korea Selatan dalam satu tahun dibagi dalam 2 term. Term pertama jatuh pada bulan Juli, dan yang kedua pada bulan Desember. Metode pembayarannya bisa dilakukan dengan datang langsung ke berbagai bank yang terdaftar, transfer secara langsung ke virtual account dari pajak kita maupun dibayar secara langsung melalui website mereka. Pada sharing kali ini saya akan menggambarkan pembayaran pajak mobil dengan metode yang terakhir.

Untuk pembayaran pajak secara online di Kota Seoul, para wajib pajak bisa membayarnya melalui http://etax.seoul.go.kr. Bagi orang asing yang belum mahir berbahasa Korea tidak perlu khawatir karena pemerintah kota Seoul juga menyediakannya dalam bahasa Inggris. Sebelumnya, surat pemberitahuan invoice pajak dikirimkan ke alamat rumah wajib pajak. Dalam surat tersebut terlampir rincian tagihan yang disesuaikan dengan CC dan umur kendaraan.  Yang perlu diperhatikan untuk pembayaran pajak secara online adalah 기관번호 (Organization No.), 세목 (Tax Item), 남세년월기(Tax Date) dan 과세번호 (Taxation No.).

Masukkan nomor-nomor tersebut dalam website ETAX.

11

Setelah itu klik 조회 (view) dan anda akan mendapatkan rincian tagihan pajak anda. Selanjutnya klik 남부하기:

9

Pilih bank untuk pembayaran, dalam hal ini saya memilih bank woori (우리은행).

8

Portal ETAX akan langsung merefer pada bank woori yang muncul secara pop-up. Kita bisa login baik menggunakan sertifikat bank maupun dengan ID internet banking. Dalam hal ini saya menggunakan sertifikat bank.

7

Masukkan password sertifikat bank anda.

6

Pilih nomer rekening dan masukkan 4 digit password bank anda lalu klik 남부.

5

Masukkan 2 digit pertama dan 2 digit terakhir dari nomer yang tertera pada kartu pengaman bank anda.

3

Masukkan sekali lagi password sertifikat bank

4

Jika muncul notifikasi seperti ini, maka proses pembayaran telah selesai.

1

Setelah selesai pembayaran pada website bank woori, sistem akan merefer kembali pada website ETAX seoul. Kita juga bisa mengeprint receipt dari pembayaran dengan mengklik 영수증 확인하기

2

Sistem pembayaran pajak diatas bisa digunakan untuk pembayaran pajak apapun, termasuk juga denda apabila kita melanggar peraturan lalu lintas.

Semoga bermanfaat.

Discussion

3 thoughts on “Mudahnya Membayar Pajak Kendaraan di Korea

  1. No yg harus dimasukan itu no darimana mas

    Posted by Rizqi | 4 July 2016, 2:49 pm
  2. no2 yang harus di masukin adabya di surat mobil apa mas.?

    Posted by rizqi | 23 July 2016, 1:54 pm
    • No 2 adalah tahap pembayaran. Bisa pilih dari bank mana saja, sesuai dengan bank yang dimiliki. Tidak ada info yang perlu dimasukkan dari surat mobil. Lihat info dari surat yang diberikan oleh kantor pajak saja mas.

      Posted by Chairul Hudaya | 24 July 2016, 8:15 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: