You are reading..
General, Koreana

Memperpanjang Visa Pelajar di Imigrasi Korea

Imigrasi Sejongno

Suasana di Imigrasi Sejongno, Seoul

Untuk WNI yang tinggal di Korea khususnya para pemegang visa D2 (Pelajar) yang ingin memperpanjang Visa tinggal di Korea, berikut adalah syarat-syarat yang harus dilengkapi saat pengajuan dokumen di kantor imigrasi:

  1. Formulir Aplikasi (download)
  2. Membayar Biaya Perpanjangan Visa sebesar KRW 60,000. Khusus Anda yang sekolah di Research Institute seperti KIST, biaya perpanjangan visa gratis. Silakan print dan sertakan dokumen seperti berikut ini khusus untuk KIST (download)
  3. Transkrip Nilai
  4. Certificate of Enrollment
  5. Bukti Penerimaan Beasiswa
  6. Kontrak rumah dari budongsan (bagi yang tinggal diluar asrama)
  7. Bagi yang telah melebihi masa tinggal yang diperbolehkan, misalnya untuk doktor selama 3 tahun dan master selama 2 tahun, anda diwajibkan melampirkan form rencana untuk penyusunan thesis/disertasi (download)
  8. Passport dan Alien Registration Card dan fotokopinya.

Tips : Datanglah pagi-pagi benar bahkan sebelum imigrasi dibuka. Sebagai gambaran, saya datang tepat pukul 10.30 WKS, langsung mengambil nomor pada mesin antrian dan mendapatkan antrian ke 148. Alhasil, dokumen saya baru bisa saya serahkan pukul 16.30 WKS. Aturan imigrasi saat ini berbeda dengan saat dulu dimana dahulu masih dimungkinkan untuk pendaftaran ARC secara kolektif, tanpa perlu mendatangi kantor imigrasi. Namun dengan semakin meningkatnya jumlah orang asing dikorea, ditambah dengan orang asing overstay membuat pihak imigrasi Korea membuat kebijakan baru, dimana seluruh aplikan diwajibkan  datang secara langsung untuk membuat ARC. Inilah yang membuat kantor imigrasi Korea ramai seperti pasar.

Catatan :

  1. Kantor Imigrasi Sejongno-Branch (untuk wilayah utara sungai Gangnam) telah pindah ke gedung Seoul Global Center. Naik Subway, turun di Jonggak Station Exit 6. Imigrasi bertempat di lantai 2.
  2. Untuk anda yang membawa serta keluarga (Visa dependent F3), syarat dan ketentuan sama seperti diatas. Dokumen Anda bisa difotokopi.

Semoga bermanfaat.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: