You are reading..
UT Korea Selatan

UT Korea Terlalu Sayang untuk Dilewatkan

Mengumpulkan tulisan saya yang terserak.

Sumber : utkorea.org

=========

Sambil menyelam minum air, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Barangkali itulah pribahasa yang tepat untuk menggambarkan para pahlawan devisa Indonesia di Korea yang sedang mengikuti proses pendidikan di Universitas Terbuka di Korea Selatan (selanjutnya disebut UT Korea). Selain mengais rezeki di Korea, mereka juga mengenyam pendidikan tinggi yang adalah hak setiap manusia. Inilah yang disarikan dalam slogan UT Korea, Berkarya dan Berpendidikan.

Mengapa harus UT Korea ?

UT adalah Perguruan Tinggi Negeri

UT didirikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984. Oleh karena itu ijazah yang dikeluarkan oleh UT diakui dseluruh wilayah Indonesia dan juga dunia.

Biaya pendidikan yang murah

Biaya per semester yang ditetapkan oleh UT Korea terdiri dari biaya pendaftaran dan pendaftaran ulang : KRW 50.000, biaya Perkuliahan sebesar KRW 300.000 (biaya akademik KRW 250.000,- yang telah ditentukan oleh UT + biaya operasional : KRW 50.000,- yang ditentukan berdasarkan kesepakatan dari perwakilan Mahasiswa, Tutor dan Pengurus UT Korea) dan biaya penunjang yang besarnya berdasarkan kesepakatan mahasiswa dan tutor dan diketahui oleh pengurus. Biaya yang total sebesar KRW 350.000/semester (~ KRW 58.300/bulan) ??atau setara dengan Rp 2,8 juta/semester ini??bisa dikatakan sangat murah, terlebih penghasilan para mahasiswa UT Korea diatas UMR yang ditetapkan sebesar KRW 950.000/bulan (belum termasuk uang lembur).

Sistem Belajar Mandiri

UT menerapkan sistem belajar mandiri dimana setiap mahasiswa dilengkapi dengan modul mata kuliah dan media audio-vidio untuk menunjang mereka dalam belajar.

Persyaratan masuk UT mudah

Syarat untuk menjadi mahasiswa UT hanya satu yaitu para calon mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat) dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang telah dilegalisir. UT Korea saat ini masih belum melakukan seleksi masuk untuk para calon mahasiswa. Namun kedepan, bisa jadi UT Korea menerapkan sistem seleksi mahasiswa jika jumlah peminat yang meningkat, namun disisi lain ada keterbatasanresources pengurus maupun tutor.

Tutor yang berkualitas

Dengan sistem belajar yang mandiri, sebenarnya diharapkan mahasiswa UT dapat memahami setiap mata kuliah dan menyelesaikan setiap persoalannya. Namun, dapat diakui bahwa terkadang penyelesaian masalah tersebut perlu dibantu oleh pihak lain. Disinilah tutor berperan sebagai partner mahasiswa dalam belajar. Mahasiswa UT Korea sangat beruntung memiliki tutor-tutor yang berkualitas tinggi, yang sebagian besar adalah para mahasiswa Indonesia yang sedang mengenyam pendidikan paska sarjana S2 dan S3 dengan berbagai disiplin ilmu yang tersebar diseluruh wilayah Korea. Para tutor tersebut adalah orang orang pilihan, karena dengan masuknya mereka ke Korea melalui program beasiswa saja sudah melewati suatu proses screening yang penuh dengan kompetisi. Idem ditto dengan para mahasiswanya. Mereka harus berjuang dengan seleksi yang ketat untuk bisa lulus ujian KLPT dan prosedur-prosedur lainnya.

Perkuliahan yang singkat tapi padat

Perkuliahan yang dilaksanakan oleh UT Korea dalam satu semester hanya dilakukan dalam 2 bulan dengan 8 kali pertemuan yang dilaksanakan setiap hari Minggu. Dengan waktu yang singkat tersebut, para mahasiswa dituntut untuk dapat mengelola waktu belajar dengan baik disela-sela kesibukan bekerja.

Kuliah di Luar Negeri

Sadar atau tidak, sebenarnya mahasiswa UT Korea sangat beruntung karena mereka saat ini sedang berkuliah di luar negeri yaitu di negeri ginsing, Korea Selatan dengan segala fasilitas infrastruktur yang serba canggih. Terlebih, pengurus saat ini sedang menyiapkan ruang kelas di salah satu kampus baik di wilayah utara maupun selatan, sehingga para mahasiswa UT Korea bisa merasakan mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri yang sebenar-benarnya. Selain itu, bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki putra-putri, kesempatan kuliah di UT Korea menjadi dapat lebih fokus dalam belajar, karena tidak terganggu oleh aktifitas-aktifitas sehari-hari dalam keluarga.

Bagi saudara-saudara kita di Korea yang belum masuk dalam keluarga besar UT Korea atau bagi mereka yang sudah masuk sistem namun karena adanya miscommunication sehingga mengundurkan diri dari UT Korea, tangan kita terus terbuka lebar untuk anda.

Percayalah bahwa setiap permasalahan pasti ada solusinya. Tidak ada kata terlambat, buat keputusan yang tepat saat ini juga, jangan menunggu terlalu lama karena waktu terus berjalan tanpa henti. UT Korea terlalu sayang untuk dilewatkan (/CH).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: