You are reading..
UT Korea Selatan

UT Korea Kami Keren

Mengumpulkan tulisan saya yang terserak.

Sumber : utkorea.org

=========

Jika UT Korea diibaratkan seorang bayi, barang kali saat ini ia sedang lucu-lucunya belajar untuk berlari. Masih sering jatuh dan banyak harus berlatih untuk menjadi lebih kuat lagi. Baru-baru ini kami buka jajak pendapat kecil-kecilan sekedar ingin mengetahui apa harapan para mahasiswa untuk UT Korea yang lebih baik. Beragam saran dan harapan diutarakan pada forum tersebut diantaranya :

Radio UT Korea

Digawangi oleh Hendri cs, civitas UT Korea akan memiliki sebuah radio dalam waktu dekat ini. Radio bisa menjadi sarana komunikasi yang baik. Selain itu, bagi mereka yang tertarik dengan dunia broadcasting, radio ini bisa menjadi laboratorium alam untuk melatih kemampuan mereka dalam berkomunikasi. Kabarnya, acara launching akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Olahraga

Lain dengan Hendri, Sopian memiliki saran yang berbeda, latihan sepak bola bersama. Sopian memang mahir dalam mengolah si kulit bundar. Buktinya ia bersama rekan-rekannya mampu merebut juara III piala ICC cup 2012 baru-baru ini. Selain sehat, bermain sepakbola bersama juga bisa mempererat persaudaraan diantara mereka. Sopian dkk bukan tanpa pengorbanan hanya untuk bisa bermain bersama. Mereka harus rela melakukan perjalanan yang memakan waktu 4 jam PP (Ansan ??“ Sangwolgok) untuk mencapai lapangan yang sudah menjadi base mahasiswa asal Indonesia di Korea, Lapangan KIST. Mereka sering bermain bersama Timnas Perpika, setiap Sabtu jam 3-6 sore.

Pelatihan Komputer

Selain sepakbola, Sopian juga punya saran lainnya yaitu pelatihan komputer bagi para mahasiswa. Ia berharap para tutor atau mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan paska sarjana di Korea bisa menularkan ilmunya kepada mereka. Kemampuan dalam mengoperasikan komputer dipercaya bisa membawa nilai tambah bagi para mahasiswa untuk saat ini maupun ketika sudah lulus dimasa yang akan datang.

Pelatihan Bahasa Korea

Dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung. Hidup di Korea, ya harus bisa berbahasa korea, begitu pendapat Thole Awan. Agaknya, pelatihan bahasa Korea juga cukup penting sebagai nilai tambah ketika akan kembali ke Indonesia

Lomba antar mahasiswa

Suharno, mahasiswa UT Korea yang aktif diberbagai kegiatan komunitas mengusulkan untuk mengadakan berbagai perlombaan. Ia menganggap lomba bisa melahirkan banyak ide-ide kreatif dari para mahasiswa UT Korea.

Penyediaan Tempat Kuliah dan Modul

Untuk belajar dengan baik memang memerlukan tempat yang nyaman. Ketersediaan ruangan menjadi mutlak diperlukan. Moh Jainal Arifin (aka Kabul) sangat berharap agar pengurus UT Korea bisa menyediakan sarana perkuliahan untuk semester mendatang. Selain itu, pria yang bangga dengan blangkonnya ini berharap agar modul kuliah bisa disediakan jauh-jauh hari sebelum perkuliahan dimulai agar para mahasiswa bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Itulah sekilas harapan mahasiswa kepada UT Korea. UT Korea bukanlah milik pengurus semata. UT Korea adalah milik kita bersama, ya pengurus, ya mahasiswa, ya tutor. Oleh karena itu untuk mencapai harapan diatas, perlu kerjasama dan sinergi seluruhnya, karena UT Korea adalah dari kita, oleh kita dan untuk kita.

Mari kita songsong semester mendatang dengan semangat dan tekad baru.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: