You are reading..
UT Korea Selatan

Portal Akademik : Transformasi UT Korea versi 1.0

Mengumpulkan tulisan saya yang terserak.

Sumber : utkorea.org

===============

Pada semester baru 2013.1, UT Korea membuat gebrakan baru dalam sistem administrasi mahasiswa yaitu dengan menerapkan sistem registrasi online melalui portal akademik. Portal akademik adalah sebuah media online yang dibuat untuk memudahkan pendataan kemahasiswaan dan mengintegrasikan seluruh informasi yang berkaitan dengan perkuliahan dalam satu atap-satu pintu. Isi portal akademik antara lain berisi :

1. Pendaftaran Mahasiswa Baru

PMB semester ganjil 2013.1 dilakukan melalui 2 cara yaitu secara online melalui http://daftar.utkorea.org dan secara manual dengan datang di stand pendaftaran di Ansan dan Daegu pada tanggal 23 Desember 2012. Untuk pendaftaran secara online, calon mahasiswa baru diharapkan mengisi formulir yang telah disediakan dan membayar biaya pendaftaran sebesar KRW 100,000. Sedangkan untuk pendaftaran secara manual, pengurus UT Korea bekerjasama dengan KOUSA memfasilitasi pendaftaran on-the-spot. Para calon mahasiswa baru diharapkan membawa persyaratan dokumen yang diminta dan panitia akan membantu proses pendaftarannya.

Tidak ada kuota mahasiswa baru yang diberikan pada semester ini. Seluruh calon mahasiswa yang telah melengkapi syarat-syarat yang diperlukan pada waktu yang telah ditentukan, setelah diverifikasi oleh pengurus, kemungkinan besar akan diterima sebagai mahasiswa baru UT Korea.

2. Daftar Ulang Mahasiswa Lama

Setiap mahasiswa lama UT Korea diwajibkan untuk melakukan daftar ulang. Daftar ulang dilakukan secara online melalui alamat http://portal.utkorea.org. Username dan password pada portal akademik telah dikirimkan melalui email masing-masing mahasiswa. Biaya pendaftaran ulang untuk mahasiswa lama adalah sebesar KRW 100,000.

3. SMS Center UT Korea

Komunikasi yang baik diantara stakeholder UT Korea merupakan salah satu pilar penting dalam suatu proses pendidikan. Saat ini media komunikasi yang ada diantaranya adalah melalui group di facebook, website dan email. Namun kami memahami bahwa tidak semua mahasiswa aware dengan media tersebut. SMS masih menjadi media jitu dalam memberikan informasi penting. Karena itulah kami memfasilitasi dengan membuat SMS Center UT Korea. SMS Center ini tidak hanya bisa digunakan oleh pengurus UT Korea, tetapi juga oleh mahasiswa (KOUSA) dan tutor jika diperlukan. Otorisasi SMS Center UT Korea yang terintegrasi dengan Portal Akademik ini berada di divisi Hubungan Masyarakat (Humas).

4. Notifikasi dan Konfirmasi Pembayaran Perkuliahan

Dengan menggunakan portal akademik, mahasiswa UT Korea bisa melakukan konfirmasi pembayaran biaya pendidikan dan mengecek notifikasi pembayaran dari bendahara UT Korea.

5. Pengumuman Pengumuman Penting

Selain disebarkan melalui media komunikasi yang ada, setiap pengumuman penting juga akan terpampang pada portal akademik. Setelah mahasiswa login dengan menggunakan user ID dan passwordnya, mereka bisa melihat pengumuman terkait akademik di UT Korea

Itulah sekilas isi dari portal akademik UT Korea. Dalam tahap pengembangannya kedepan, portal akademik ini antara lain akan berisi :

  1. Daftar nilai dari mata kuliah yang di tutorialkan oleh UT Korea
  2. Absensi Perkuliahan
  3. Tutorial online seperti webinar
  4. Lain-lain (sesuai keperluan)

Selamat menikmati setiap detik-detik transformasi UT Korea menuju pengelolaan yang profesional.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: