You are reading..
UT Korea Selatan

Kerjasama UT dan KBRI Seoul : Transformasi UT Korea versi 2.0

Mengumpulkan tulisan saya yang terserak.

Sumber : utkorea.org

============

Ujian Akhir semester tahun ajaran 2013.1 baru saja usai. Sesaat keluar ruang ujian, para mahasiswa ada yang terlihat sumringah, adapula yang garuk-garuk kepala. Ada juga yang buru-buru konsultasi dengan tutornya menanyakan jawaban pertanyaan yang disoalkan. Apapun yang telah diisi pada lembar jawaban, kami berharap hasilnya dapat membuat mereka gembira setelah 1 semester berjibaku dengan modul perkuliahan yang sangat padat.

Memasuki musim panas tahun ini, UT Korea memasuki babak baru. Momen yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Pendantanganan perjanjian Kerjasama antara KBRI Seoul dan Universitas Terbuka telah dilakukan.

Adalah Bapak Nuradi Noeri selaku koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya yang mewakili KBRI Seoul. Sedangkan dipihak UT diwakili oleh Bapak Adi Winata yang bertindak sebagai Kepala UPBJJ UT Jakarta. Perjanjian kerjasama yang terdiri dari 5 halaman dan mencakup 11 pasal ini dimaksudkan sebagai landasan para pihak untuk melakukan kerjasama dalam penyediaan dan peningkatan akses pendidikan tinggi melalui UT bagi pada WNI di Wilayah Kerja KBRI.

Seperti diketahui, sejak pertama UT Korea terbentuk pada awal Januari 2011 hingga saat perjanjian ini ditandatangani, kerjasama yang dilakukan adalah antara UT UPBJJ Jakarta dengan Persatuan Pelajar Indonesia di Korea (Perpika). Mengingat organisasi UT Korea sudah sangat besar, dengan jumlah mahasiswa lebih dari 250 orang, maka diperlukan payung hukum yang lebih kuat. Sesuai amanat dalam perjanjian ini, Perpika tetap ditunjuk oleh kedua belah pihak sebagai Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) mahasiswa UT di Korea seperti biasanya.

Sebelum adanya perjanjian ini pun, peranan dan perhatian KBRI Seoul terhadap UT Korea sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Soal ujian, pengiriman modul kuliah dan surat-menyurat dengan berbagai instansi di Korea, pihak KBRI Seoul sudah sering membantu. Apresiasi setinggi-tingginya juga kami berikan kepada para staff KBRI Seoul yang saat ini sedang mengenyam pendidikan di UT Korea. Dalam setiap kesempatan menyambut pada pahlawan devisa yang baru saja datang di Bandara Incheon, para staff tersebut tak jarang memberikan informasi penting mengenai program pendidikan ini.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: