You are reading..
General

Pengalaman Membuat SIM di Korea

Karena banyak yang tanya sama saya bagaimana cara membuat SIM di Korea, berikut saya sharing pengalaman saya membuat SIM di Korea 2 tahun lalu.

Tidak sulit sama sekali membuat SIM Korea jika kita sudah memiliki SIM di Indonesia (asumsi SIM A). Tidak perlu menggunakan calo apalagi nembak, sogok sana sogok sini. Kita cukup menukarnya saja di bagian “SAMSAT” Korea tanpa perlu tes mengemudi lagi. Test nya hanya test fisik penglihatan saja. Ini karena Indonesia termasuk dalam negara-negara yang meratifikasi konvensi Geneva, sama halnya dengan Korea. Dokumen yang perlu dipersiapkan yaitu : (1) SIM Indonesia;  (2) Foto 3×4 sebanyak 3 lembar, (3) Surat Pengantar dari KBRI dan (4) Passport dan Alien Registration Card

Untuk mendapatkan surat pengantar dari KBRI, anda hanya perlu datang ke KBRI Seoul atau KJRI Busan dan membuat surat pengantar dengan biaya USD 15. Setelah itu anda bisa langsung menuju kantor SAMSAT di masing-masing kecamatan sesuai dengan alamat anda. Berbeda dengan kantor SAMSAT di Indonesia pada umumnya, kantor samsat di Korea dikelola oleh sipil. Tempatnya juga menarik sepertihalnya pelayanan untuk perbankan sehingga kita akan merasa nyaman didalamnya. Selain di kecamatan, baru-baru ini ada informasi bahwa pengurusan SIM bisa dilakukan juga di Seoul Global Center.

Ambil nomer antrian dan isi formulir pendaftaran. Biayanya hanya 11,000 won saja hingga sampai dibuat jadi SIM. Setelah membayar, anda diminta untuk cek penglihatan. Testnya, satu mata ditutup kemudian petugas menunjukkan angka dan benda dalam gambar yang diletakkan kurang lebih 3 meter dari kita dan kita diminta menyebutkannya. Dimulai dari angka/benda yang ukurannya besar sampai yang terkecil. Tidak ada test lain setelah itu.  Hanya butuh waktu 15 menit saja untuk mencetak SIM. Beres.

Setelah dapat SIMnya, hati-hati menyetir di jalanan Korea. Begitu banyak rambu-rambu yang perlu dipatuhi. Dimana-mana, kamera CCTV maupun kamera pembatas kecepatan terpasang. Sedikit melanggar, dendanya lumayan besar yang berakibat pada berkurangnya nilai (point) kita dalam berkendara.

Seoul, 19 Juli 2013

Discussion

5 thoughts on “Pengalaman Membuat SIM di Korea

  1. klo sim A indo dah habis masa berlakunya,,apa masih bisa di tuker?
    makasih

    Posted by handoko | 16 October 2013, 8:42 pm
    • Jika SIM Indonesianya sudah habis masa berlakunya, maka tidak bisa ditukarkan, karena syarat utamanya adalah SIM yang akan ditukar harus masih valid datanya ketika mengajukan penukaran. Umumnya waktu berlaku SIM Korea berkisar 9-10 tahun. Jadi meskipun SIM yang kita tukar sudah expire, tapi kita tetap bisa menggunakan SIM Korea tanpa memperpanjang SIM Indonesia yang ditukar.

      Posted by Chairul Hudaya | 29 October 2013, 2:49 pm
  2. Kemarin sudah ke samsat Korea, tapi tetap di suruh mengikuti test dalam bahasa Inggris y..
    Jadi ikuti test mata & test tertulis tuh..

    Posted by Trinity | 13 December 2013, 12:45 pm
  3. ini sih…menukarkan…bukan membuat

    Posted by xx | 13 November 2015, 7:33 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: