You are reading..
General

Menjadi Seorang Jurnalis

Minggu lalu, 9 September 2012 semester baru bagi para mahasiswa UT Korea baru saja dimulai. Semester ini menjadi sesuatu yang berbeda dibandingkan sebelumnya karena  kini para mahasiswa sudah “memiliki” gedung perkuliahan sendiri. Di wilayah utara, pengurus UT Korea menyewa 9 kelas di Seoul National University of Education, sedangkan di Selatan mereka menempati kelas di Yeungnam University, Daegu dan sebuah sekolah dasar di Busan. Saya bisa melihat antusias dan kebanggaan dari para mahasiswa yang hadir pada tutorial perdana tersebut dimana mereka bisa merasakan “perkuliahan yang sebenarnya”.

Semester ini, saya diminta untuk mengasuh mata kuliah Teknik Mencari dan Menulis Berita untuk Jurusan Ilmu Komunikasi semester 4. Sesuai dengan judulnya, sudah dapat dibaca ke arah mana mata kuliah itu, bagaimana menjadi seorang Wartawan atau Jurnalis yang baik.

Seorang wartawan sejatinya adalah orang mulia. Ia, melalui tulisan dan medianya akan selalu membela rakyat kecil yang tertindas, mengabarkan informasi atau peristiwa secara aktual dan faktual, berani bersebrangan dengan pihak penguasa yang dinilai tidak benar dlsb. Wartawan senior (alm) Rosihan Anwar menyebut wartawan sebagai the watchdog of public interest.

Jadi wartawan atau jurnalis, siapa yang mau?

Materi kuliah TMMB bisa diakses melalui link berikut 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: