You are reading..
General

HUT 1 Universitas Tebuka Korea Selatan

1 Januari 2012, pagi-pagi benar kami sudah bangunkan putra-putri kami, Ghazy dan Ghania untuk sebuah perjalanan. Sambil dibukakan baju sebelum mandi, Ghazy yang suka banyak tanya pagi itu bertanya,“Mau kemana ayah? Mau ke homeplus? Ya, homeplus adalah tempat favorit Ghazy untuk dikunjungi diakhir pekan karena didalamnya ada tersedia fasilitas bermain anak. “Nggak sayang, kita mau ke Daejeon, tempat dulu Ghazy main hujan-hujanan sama Kakak Ahda”, tambah si Bunda mengingatkan Ghazy waktu kunjungan pertama ke KAIST saat CISAK 2011 dimusim panas tahun lalu.

Setelah semuanya siap, pagi itu pukul 10.20 WKS kami berangkat dari rumah di daerah Sangwolgok, Seoul. Tanpa teknologi yang namanya GPS mungkin bisa jadi 2 tahun kami baru sampai di Daejeon. Maklum jalanan di Korea ini begitu banyak dan ruwet untuk dilewati. Si Nona yang bersuara merdu itu selalu menemani perjalanan kami dan tidak sungkan-sungkan memberitahukan untuk belok ke kiri, ke kanan, peringatan jika ada kamera pembatas kecepatan, informasi tol dan lain lain. Salju yang mulai turun deras kala itu menemani perjalanan kami. Seratus tujuh puluh kilometer dilalui dan kami pun sampai dikampus nomer wahid dibidang teknologi di Korea ini, KAIST.

Sesampainya kami didalam kampus, hanya untuk sekedar ingin memastikan, saya telepon Mbak Ai Melani, senior saya yang banyak berperan penting di UT Korea ini. “Dimana Teh acaranya?” Tanya saya. “Ya Chairul, di E11, tempat CISAK dulu”. Kata Teh Ai menjawab telepon saya. Kami langsung menuju Gedung E11 dan ternyata acara makan yang kami tunggu sudah selesai🙂. Wah, ternyata teman-teman masak makanan Indonesia untuk menjamu para undangan yang hadir lebih dari 150 orang ini. Sebuah kerjasama yang hebat untuk mempersiapkan semuanya. Selain ketinggalan makan, kami juga ketinggalan sambutan dari prof. Yan Solihin, seorang professor asal Indonesia di North Carolina State University, Amerika Serikat. Prof. Yan adalah salah satu alumni Univeristas Terbuka yang patut di contoh. Beliau bisa mengoptimalkan waktu untuk belajar di dua universitas dengan jurusan yang berbeda, namun saling berkaitan. Belakangan, alhamdulilah, saya bisa melihat sambutannya karena telah diunggah ke situs youtube, seperti terlihat dibawah ini :

Setelah makan dan shalat, kami pun masuk ke ruangan Terman Hall. Rangkaian acarapun digelar. Mulai dari acara talk show yang dipandu oleh Iwa Kartiwa dan menampilkan 2 tutor UT Korea, Andy Tirta dan Gunawan Dwi Haryadi, pentas seni (puisi dan musik), pemotongan kue, dan ucapan selamat ulang tahun dari sederetan artis dan musisi Indonesia. Andy Tirta yang juga Presiden Perpika memberikan presentasi mengenai bagaimana mengoptimalkan waktu, bekerja dan belajar. Sementara itu Mas Gunawan memberikan semangat kepada para mahasiswa berdasarkan pengalaman-pengalamannya selama menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang. Yang membuat saya terkagum adalah saat acara sesi pertunjukan seni dimulai. Begitu banyak mahasiswa UT Korea yang memiliki bakat dan minat dibidang ini. Acara juga diselingi oleh pemutaran video-video ucapan selamat ulang tahun dari jajaran musisi dan artis Indonesia yang telah diunggah ke situs Youtube. Coba tengok videonya dibawah tulisan ini. Pikir saya, dari mana mereka mendapatkannya ya? Wah wah..hebat..

UT Korea yang digawangi oleh Hadi Teguh Yudistira cs ini kala itu memang sedang merayakan syukuran ulang tahun nya yang perdana. Usia yang bisa dibilang masih seumur jagung, namun pantas dibanggakan dengan berbagai pencapaiannya. Kami pun merasa bangga menjadi bagian keluarga didalamnya. Saya adalah tutor mata kuliah Pengantar Statistika Sosial, sedangkan istri saya tutor Pengantar Sosiologi. Bagi kami yang memiliki putra-putri yang masih balita, mengajar harus bergantian, karena salah satu dari kami harus menjaga dan menemani putra-putri kami bermain.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 6, setelah sesi photo selesai, kami mohon pamit untuk kembali ke Seoul. Situasi lalulintas saat itu cukup padat merayap, karena semua orang kembali ke Seoul setelah liburan panjang tahun baru. Alhamdulilah, tepat pukul 23.00 WKS kami sampai di rumah dengan selamat. Perjalanan yang melelahkan namun penuh kenangan dan semangat.

Selamat ulang tahun UT Korea ke 1. Berkarya dan Berpendidikan!

Ucapan Selamat Ulang Tahun

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: