You are reading..
General

Mobil Listrik, Mobil Ramah Lingkungan

Mobil listrik (electric vehicle) adalah mobil masa depan yang ramah lingkungan. Selain tidak mengeluarkan gas yang membahayakan lingkungan seperti CO2, mobil listrik juga tidak menimbulkan polusi suara. Ada tiga istilah yang digunakan dalam mendefinisikan kendaraan listrik, yaitu electric vehicle (EV), hybrid electric vehicle (HEV) dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

Sesuai dengan namanya, sumber energi utama EV untuk mengerakkan motor listrik seluruhnya berasal dari baterai sekunder, namun pada HEV sumber energi berasal dari kombinasi antara bahan bakar dan baterai. Baterai mendapat suplai muatan listrik dari putaran mesin dan energi pada proses pengereman. Sedangkan konsep kendaraan PHEV menggabungkan kelebihan dari EV dan HEV untuk menutupi kekurangan pasokan listrik. PHEV memungkinkan untuk melakukan pengisian muatan listrik dari jaringan tenaga listrik. Kendaraan listrik EV dan HEV telah diproduksi dan mendapat penjualan sebesar 2 % di Amerika Serikat dan 9 % di Jepang. Selama satu dekade terakhir telah terjual sebanyak 2,5 juta kendaraan listrik.

Badan Energi International (International Energy Agency – IEA) dalam roadmap teknologi untuk kendaraan listrik jenis EV dan PHEV memperkirakan bahwa pada tahun 2020 dan 2025, jumlah kedua jenis kendaraan listrik tersebut, masing masing berturut-turut dapat mencapai 6,9 juta dan 17,7 juta kendaraan/tahun, dimana kendaraan jenis PHEV yang lebih mendominasi.

Salah satu tantangan terbesar dalam menciptakan sebuah mobil listrik terletak pada sumber energinya, yang tak lain adalah sebuah baterai sekunder. Pada umumnya baterai yang digunakan untuk mobil listrik adalah jenis lithium-ion dan nikel metal hidrida. Oleh karena itu, banyak grup riset dinegara-negara maju memfokuskan pada kedua jenis baterai ini untuk aplikasi mobil listrik. Riset sebuah baterai sekunder harus dapat menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini :

  1. Berapa lama baterai mobil listrik dapat memasok daya listrik?
  2. Berapa lama waktu hidup (life time) baterai?
  3. Bagaimana keamanan baterainya?
  4. Berapa lama proses charging-nya?

Baterai yang dapat memasok energi listrik lebih lama dan lebih cepat proses pengisian muatan listrik adalah baterai yang diharapkan. Beberapa mobil listrik yang sudah siap beredar dipasaran diantaranya adalah :

Volt- Chevrolet

Mobil listrik yang dirilis oleh pembuat mobil asal Amerika Serikat ini menggunakan baterai lithium ion dengan energi sebesar 16 kWh. Chevrolet menggaransi penggunaan baterai hingga 100.000 mil/8 tahun. Untuk menjaga keamanan baterai selama proses charge dan discharge, Volt dilengkapi dengan sistem pendingin dan pemanas untuk menjaga performa baterai tetap stabil. Chevrolet memperkirakan biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan sehari (56.3 km) hanya sebesar $1,50 (Rp 12.800) saja. Tahun 2011 ini Volt Chevy dibandrol dengan harga $ 32.780 (Rp 279.875.640), sebuah harga yang cukup kompetitif untuk sebuah mobil ramah lingkungan.

Exterior Chevy Volt

Interior Chevy Volt

Leaf -Nissan

Salah satu kompetitor Volt Chevy adalah mobil listrik yang dikeluarkan oleh Nissan, yang diberinama Nissan LEAF. Dengan baterai lithium-ion nya, Nissan LEAF 2012 memerlukan waktu 7 jam untuk proses pengisian muatan listrik (charge) untuk berjalan sejauh 161 km, sedangkan Volt hanya butuh 4 jam saja untuk menempuh 64 km.

Exterior Nissan LEAF

Interior Nissan LEAF

Mobil listrik lainnya yang siap memasuki pasar adalah Toyota Prius 2011 dan Honda Civic Hybrid Sedan 2011 yang menggunakan baterai jenis Nikel Metal Hidrida sebagai pasokan utama energinya.

Toyota Prius 2011

Honda Civic Hybrid 2012

Discussion

3 thoughts on “Mobil Listrik, Mobil Ramah Lingkungan

  1. Dimana saya dapat memberikan charger nya saja kalau untuk area jakarta? Terima kasih

    Posted by Eris Gunawan | 1 June 2015, 8:01 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Kendaraan bertenaga listrik itu ide bagus?! | Welcome - 20 October 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: