You are reading..
Energy Materials

Apa itu Plasma ?

Ilustrasi Plasma. Foto : http://www.viewzone.com

Jika mendengar kata plasma, kita akan langsung mengaitkannya dengan televisi. Mengapa? Karena saat ini banyak diiklankan TV dengan teknologi plasma. Tapi apakah plasma ini yang akan kita bahas? Ya, TV yang berukuran sangat lebar namun tipis ini adalah salah satu manfaat dari dari teknologi plasma.

Banyak ilmuan yang menggolongkan plasma menjadi nomor ke empat dari wujud suatu zat setelah padat, cair dan gas. Plasma terbentuk ketika molekul gas terpecah (dissociate) menjadi bentuk atom gas dan partikel bebas yang bermuatan yaitu elektron dan ion. Terminologi plasma ini pertama kali dipopulerkan oleh Langmuir untuk menjelaskan kondisi dimana adanya kumpulan elektron, ion dan partikel netral yang bergerak secara acak namun secara elektris masih dikatakan sebagai netral. Temperatur dari partikel yang bermuatan dalam keadaan plasma dapat mencapai ribuan Kelvin tergantung dari teknologi yang digunakan. Banyak sekali aplikasi yang dapat menggunakan teknologi plasma, diantaranya pembuatan alat-alat elektronik, laser, dan TV plasma.

Ada 2 alasan mengapa teknologi plasma ini menjadi sangat penting. Pertama karena plasma dapat memberikan temperatur dan kerapatan energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode kimia lainnya. Kedua, teknologi plasma memungkinkan untuk menciptakan reaksi kimia yang berbeda dengan reaksi kimia biasa diantaranya dengan terbentuknya elektron, ion, partikel bebas dan atom-atom reaktif seperti oksigen dan fluorine. Selain, proses plasma juga dapat mengubah  permukaan dari suatu material.

Sebenarnya kondisi plasma dapat terbentuk secara alami dan juga buatan manusia, yang keduanya adalah ciptaan Allah SWT. Secara alami, kita dapat melihat kondisi plasma pada beberapa fenomena misalnya corona matahari, adanya angin, nebula atau ionosfer bumi. Pada atmosfer bumi, plasma terbentuk ketika terjadinya sambaran petir. Perbedaan potensial (V) yang besar antara awan dengan bumi ketika terjadinya angin/badai menyebabkan adanya pelepasan muatan listrik untuk menetralkan keadaan.

Hingga saat ini, teknologi plasma sudah banyak diaplikasikan untuk berbagai tujuan diantaranya sebagai berikut :

  1. Aplikasi Plasma untuk Konversi Energi. Aplikasi plasma dalam bidang konversi energi diantaranya adalah untuk pengendalian reasi fusi termonuklir, pembangkit listrik magnetohydrodynamic (MHD) dan konversi energi thermionic.
  2. Aplikasi Plasma untuk Pemrosesan Material. Untuk pemrosesan material, pada umumnya teknologi plasma digunakan sebagai teknologi untuk pelapisan (coating) material. Dengan teknologi kedap udara (vacuum) dan pengendalian tekanan kerja yang baik, penggunaan teknologi plasma dapat menjadikan  permukaan suatu material berfungsi dengan lebih baik. Pencampuran material, alloy, komposit maupun keramik dapat dilakukan dengan teknologi plasma. Pemrosesan material semikonduktor untuk komponen-komponen elektronika juga memungkinkan dengan menggunakan plasma, sehingga komponen tersebut memiliki kinerja yang lebih baik.

Referensi : Plasma Pysics and Engineering. Authors : Fridman, Alexander A.; Kennedy, Lawrence A. Publisher : Taylor & Francis Routledge (2004).

Discussion

2 thoughts on “Apa itu Plasma ?

  1. wow.. keren pak..

    Posted by zesyara | 9 June 2011, 3:29 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: