You are reading..
Nuclear News

Isu Nuklir dalam AYCC 2008

Pada tanggal 30 Oktober – 2 November 2008, Kementrian Budaya, Olahraga dan Pariwisata Republik Korea mensponsori program Asian Youth Culture Camp (AYCC) 2008. Program yang berslogan “Asia, Culture and Environtment” ini bertujuan menggugah para pemuda di negara negara Asia untuk peduli terhadap budaya dan lingkungan. Dua topik yang menjadi pembahasan utama yaitu usaha Gwangju untuk menjadi Hub City dari Asian Culture dan pengaruh perubahan iklim (climate change) terhadap world culture heritages (WCH) yang tersebar diberbagai negara di dunia.

 

Image

Peserta AYCC 2008

Peserta AYCC 2008 berjumlah 60 partisipan dari 10 negara dengan latar belakang pendidikan umumnya bidang social science, dan beberapa dalam bidang engineering, termasuk saya.  Dari jumlah tersebut kemudian dibagi menjadi 7 kelompok yang terdiri dari 4 kelompok membahas topik 1 dan 3 kolompok pada topik 2. Dalam hal ini, saya termasuk dalam group 2 yang beranggotakan 9 orang. Meskipun background saya tidak hubungan langsung dengan masalah budaya, namun topik mengenai climate change menjadi menarik untuk dibahas. Selama 4 hari, kita mendiskusikan bagaimana cara untuk mengatasi perubahan iklim, terutama global warming yang menurut UNESCO sudah dalam taraf mengkhawatirkan yang berakibat buruk pada WCH.

Meskipun banyak perdebatan mengenai apa penyebab global warming, namun banyak pihak berpendapat bahwa CO2 mempunyai peranan penting sehingga fenomena tersebut terjadi. Sektor energi merupakan salah satu sektor yang berkontribusi dalam pengemisian CO2 ke atmosfer. Sehingga perlu perhatian khusus dalam menyelesaikan masalah ini secara bijak.

Salah satu dari beberapa usalan saya untuk mengatasi global warming di sektor energi yaitu dengan penggunaan energi nuklir dalam memenuhi kebutuhan listrik sebuah negara. Cukup menarik memang membahas masalah ini, dimana ada banyak pro dan kontra. Saya paparkan data-data mengenai berapa besar kontribusi emisi CO2 dari PLTN, PLTU, PLTG, PLT Angin, dan PLT lainnya dari hasil studi lembaga-lembaga  berkompeten dibidangnya. Dijelaskan pula bagaimana proses teknis reaksi fisi sehingga bisa menghasilkan energi. Setelah berdiskusi panjang lebar mengenai hal ini, akhirnya group 2 merekomendasikan penggunaan energi nuklir sebagai salah satu solusi dalam mengatasi global warming yang baik langsung maupun tidak langsung akan bersinggungan dengan WCH.

Image

Anggota Group 2

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: